Mobil Baru yang Akan Meluncur di Tahun 2021

Daftar mobil baru yang akan meluncur di tahun 2021 ini memang hingga sekarang masih belum bisa ditebak secara pasti. Namun ada beberapa nama yang sudah bisa diprediksi akan keluarkan mobil baru, tetapi hal ini bisa saja benar atau bahkan bisa saja meleset tebakannya. Memang sudah banyak yang menyebutkan daftar mobil yang bakal dirilis tahun ini. Tapi Carmudi bakal mencoba membeberkan secara lengkap apa saja mobilnya. Akibat pandemi, banyak produsen otomotif menahan untuk tidak merilis produknya di tahun lalu. Covid-19 pun sangat berdampak pada menurunnya daya beli pada semua sektor. Tak terkecuali sektor otomotif. Banyak orang yang awalnya menahan uang untuk membeli mobil baru dan lebih memilih membeli mobil bekas. Tapi di tahun 2021 ini, diharapkan penjualan mobil baru bisa merangkak naik.

Pada tahun 2020 yang lalu, memang tidak banyak mobil yang diluncurkan pada saat pandemi. Semua pelaku industri termasuk produsen otomotif bergerak secara hati-hati. Memasuki tahun 2021, berbagai produsen otomotif diprediksi mulai gencar melakukan penetrasi bisnis. Salah satunya adalah merilis produk baru yang bisa mendorong masyarakat membeli kendaraan baru. Walaupun ekonomi belum sepenuhnya pulih, mendatangkan mobil baru diharapkan bisa menstimulasi ekonomi agar kembali naik. Jika tidak dirangsang dengan produk baru, ekonomi bisa terus terjun.  Lalu, apa saja daftar mobil baru di tahun 2021 ini? Berikut ini beberapa daftar perkiraan mobil yang akan di luncurkan di tahun 2021.

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky dipastikan akan hadir di Indonesia pada tahun ini. Hal tersebut dikatakan oleh H. Ashitani, Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company.

Daihatsu Rocky merupakan produk kedua dari Daihatsu New Global Architecture (DNGA). SUV ini direncanakan hadir di Indonesia pada 2021. Tapi, Amelia Tjandra selaku Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih enggan memberi jawaban. “Produk baru saat waktunya ada, pasti kita sampaikan kok. Kalau sekarang kami belum bisa kasih infonya dulu yah teman-teman media,” katanya kepada Carmudi.

Toyota Raize

Hadirnya Daihatsu Rocky, pastinya akan diikuti oleh Toyota Raize. Produk kembar ini sudah rilis duluan di Jepang. Hanya saja untuk Indonesia belum bisa dipastikan kapan akan dirilis. PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku sambutan masyarakat Indonesia sangat baik terhadap Raize. Walaupun belum dirilis di Indonesia, tetapi sudah banyak masyarakat yang menanyakan mobil ini.

“Kami sangat serius untuk mempelajari Raize. Hal ini juga sudah dibicarakan dengan prinsipal,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM. Banyak konsumen Toyota di Indonesia yang menanyakan Raize melalui tenaga penjual di dealer. Namun Anton enggan menjawab mengenai hasil studi yang dilakukan oleh Toyota. Kedua mobil ini menggunakan platform baru dari DNGA. Mesin yang digunakan berkode 1KR-VET dengan kapasitas 996 cc, 3 silinder, turbo. Tenaganya mencapai 96 hp dengan torsi 140 Nm. Yang menarik, Raize dan Rocky ditawarkan dalam penggerak 4WD untuk varian tertingginya.

Nissan Leaf

Mobil ini sebenarnya sudah tidak asing lagi karena pernah diperkenalkan pada tahun 2019 lalu. Nissan Leaf sempat dijadwalkan masuk ke Indonesia 2020 lalu. Sayang karena adanya pandemi, Nissan Indonesia memutuskan batal melakukan peluncuran. Leaf telah terdaftar di surat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Dari surat tersebut tercantum harga NJKB Nissan Leaf Rp 529 Juta.

Renault Kiger

Pasar SUV kompak di 2021 bakal memiliki banyak pilihan. Setelah Kia Sonet dan Nissan Magnet di akhir 2020, Maxindo Renault Indonesia (MRI) sebagai pemegang merek Renault di Indonesia, juga telah memastikan Kriger bakal hadir di Tanah Air. Kehadiran Kiger sudah diberitahukan oleh Davy J Tuilan, Chief Operating Officer Renault Indonesia. Menurut Davy, Renault Kriger akan mengisi segmen B-SUV yang memiliki 80 persen urban modernity dan 20 persen outdoor ability. Sayangnya, memang belum ada penjelasan lebih lanjut soal waktu tepatnya Kriger hadir di Indonesia.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Salah satu mobil baru yang bakal meramaikan Tanah Air adalah Mitsubishi Pajero Sport. Salah satu SUV terlaris di Indonesia ini bakal merilis varian facelift-nya dan diprediksi tahun ini akan meluncur. Perbedaan ada pada bagian depan. Desain depan menyerupai tampilan Mitsubishi Xpander. Sebenarnya Pajero Sport versi facelift ini bukanlah barang baru. Di Thailand model ini sudah dikenalkan sejak Juli 2019. Sayangnya, pihak MMKSI hingga saat ini masih enggan membeberkan kepastian kapan akan meluncurkan produk terbarunya ini. Namun banyak yang meyakini jika varian ini akan meluncur pada tahun 2021. Ada beberapa fitur baru yang dijejalkan di Pajero Sport facelift ini.

Hyundai Creta

SUV lain yang dikabarkan akan dirilis di Indonesia adalah Hyundai Creta. Hyundai Creta pertama kali hadir di India dalam varian mesin Diesel 1.400 cc dan 1.500 cc bensin. Jika benar akan masuk ke Indonesia, maka Creta akan berhadapan dengan beberapa SUV. seperti Kia Santos, Honda HR-V, dan lain sebagainya.

Honda City Hatchback

Ini merupakan mobil terbaru tahun 2021 yang paling ditunggu-tunggu oleh anak muda. Bagaimana tidak? Honda City Hatchback siap hadir sebagai pengganti Jazz di Tanah Air. Apalagi perubahannya sungguh menyeluruh, bukan cuma nama tapi juga teknologi mesin. Bila merujuk Thailand, maka City hatchback 2021 bakal menggunakan mesin 1.0 liter turbo. Kemudian desainnya lebih sportif dengan atap rendah dan bodi lebih memanjang.

Bicara fitur, Honda City Hatchback 2021 lebih istimewa dari Jazz. Rival Toyota Yaris ini sudah pakai sistem pencahayaan full LED, head unit layar sentuh ukuran 8 inci yang terintegrasi Apple CarPlay, serta 8 unit speaker, cruise control, dan lain-lain untuk varian tertinggi. Prediksi harga City Hatchback kemungkinan ada di angka Rp 300 jutaan.

Suzuki Karimun Wagon R

Mobil LCGC yang tidak kunjung mendapat penyegaran adalah Suzuki Karimun Wagon R. Padahal kompetitor seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Honda Brio sudah keluar model barunya. Oleh karena itulah, tidak salah bila Karimun Wagon R generasi anyar kami masukkan sebagai mobil terbaru tahun 2021 di Indonesia. Dilihat dari umur, mobil LCGC tersebut juga sudah cocok ada model baru. Pasalnya sejak 2013 belum ada revisi lagi.

Tentunya dari sisi teknologi harus ada penyegaran agar menyesuaikan zaman. Seperti apa revisinya? Ada berbagai prediksi, mulai dari penggunaan mesin 1.200 cc hingga dimensinya diperpanjang hingga muat 7-seater. Mari kita tunggu saja kehadirannya sama-sama.

Hyundai Staria

Nama Hyundai Starla memang belum nyaring terdengar. Wajar, karena ini merupakan mobil yang benar-benar baru dan digadang siap diproduksi di Indonesia. Bocoran ini dikabarkan oleh media Filipina, Autoindustriya. Mereka membicarakan kalau Hyundai telah mengajukan paten nama merek Staria pada di sana. Anehnya, Staria diklaim bakal diimpor dari pabrik Indonesia. Kabar lain menyebutkan bahwa Staria berjenis MPV dan berada di kelas yang sama dengan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa