Fakta Unik Tentang Toyota, Ternyata Dahulu Pabrik Tenun

Pabrikan mobil yang berasal dari Jepang yaitu Toyota. Pabrik Toyota ini didirikan yaitu yaitu pada tahun 1937 yaitu oleh pendiri Kiichiro Toyoda. Pabrik ini sendiri adalah salah satu dari pecahan pabrik milik ayahnya, yakni dengan nama Toyota Industries, yang saat itu pabrik tersebut berdiri pada 1926. Toyota yang terkenal menjadi salah satu dari korporasi otomotif terbaik dan terbesar yang ada di dunia. Tercatat juga sebagai ‘Toyota Motor Corporation’ yang telah berdiri sejak tahun 1937, sampai dengan sekarang ini sudah mampu menancapkan produk-produknya, bahkan hingga seluruh dunia.

Fakta Unik Tentang Toyota, Ternyata Dahulu Pabrik Tenun

Toyota sendiri menjadi sebuah perusahan yang telah berkembang dengan banyak sekali teknologi yang diciptakan, seperti perkembangan dari teknologi robotika, agrikultural, aerospace, dan yang saat ini paling dikenal masyarakat luas adalah otomotif Mobil-mobil, Toyota yang telah menjadi salah satu dari brand yang paling diperhitungkan keberadaanya di seluruh dunia. Menjadi salah satu dari tolok ukur bagaimana produsen asal Jepang ini mampu menjadi pengusaha yang meraup impresi dari banyak lapisan masyarakat. Selama Toyota hadir dan juga berkwmbang, ternyata terdapat banyak sekali peristiwa-peristiwa unik yang terjadi dalam diri Toyota. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara yang membuka mata masyarakat tentang apa yang terjadi dibalik sebuah kesuksesan dari Toyota. Tiga tahun sebelum Toyota resmi berdiri, Toyota yang juga mengembangkan dan membuat produk pertama mereka, yakni Type A Engine, yang kemudian tipe ini masuk pada mobil sedan penumpang pertama yang telah dibuat pada 1936. Mobil ini dinamai Toyota AA. Berikut ini adalah beberapa fakta unik dan menarik di balik Toyota.

Berawal dari pabrikan mesin tenun

Sebelum menjadi salah satu dari pabrikan otomotif terbesar dan juga terkenal di dunia seperti sekarang, Toyota merupakan sebuah pabrik yang sudah memproduksi mesin, khususnya untuk menenun kain. Pabrik mesin ini yang dahulu didirikan oleh Sakichi Toyoda dan kemudian berdiri dengan nama Toyota Industries atau yang bisa juga disebut sebagai Toyoda Automatic Loom Works, Ltd. Hasil karya utama dari pabrik ini sendiri adalah mesin tenun yang sudah dikembangkan dan dibuat yaitu sebelum pabrik tersebut berdiri, pada 1924 dengan nama Type G.

Awal Bernama Toyoda

Pabrik mobil yang berasal dari Jepang ini awalnya memiliki nama Toyoda. Sesuai dengan nama dari sang pendiri yaitu adalah Kiichiro Toyoda. Pada saat menggunakan nama Toyoda tersebut, penulisan nama yang tidak sesuai huruf kanji Jepang yaitu 10 langkah. Dikaitkan dengan angkanya, 10 bila kemudian ditulis dalam kanji Jepang akan membentuk sebuah tanda (+) yang berarti adalah perempatan, eksistensi, dan juga kebimbangan.

Karena menurut Toyoda saat itu nama pabrik yang didirikannya tersebut memang terdapat makna kebimbangan. Namun pada akhirnya dia kemudian memutuskan untuk mengubah nama Toyoda menjadi Toyota. Dengan perubahan nama seperti ini, penulisan yang biasanya hanya membutuhkan 8 langkah yang ada di dalam budaya Jepang, angka 8 yang memiliki makna keberuntungan. Hal ini juga yang sangat dipercayai oleh Kiichiro Toyoda yang merupakan pendiri dari perusahan tersebut.

Lambang memiliki filosofi mendalam

Sebelum memiliki sebuah lambang berbentuk bentuk oval yang sangat rumit, dan tentunya terkenal hingga sekarang ini. Dahulu sebenarnya Toyota hanya memiliki lambang dengan tulisan dari nama merek tersebut, yakni adalah TOYOTA. Logo tersebut yang tidak sembarang diubah. Jika anda sekarang ini melihat banyaknya bentuk oval yang rumit yang ada di dalam lambang Toyota, sebenarnya itu hanya terdiri dari tiga bentuk bulatan oval saja.

Dua buah oval yang ada di dalam oval berukuran besar yang artinya melambangkan jantung perusahaan dan juga jantung pelanggan. Kedua oval tersebut yang juga saling berhimpit sebagai sebuah hubungan yang saling menguntungkan satu sama lainnya. Kemudian bila dilihat dengan teliti lagi, kedua oval tadi juga kemudian membentuk huruf ‘T’ yang juga merepresentasikan Toyota. Terakhir, oval dengan ukuran yang terbesar bermakna sebagai bola dunia yang diartikan merangkul dan terus melindungi Toyota.

Salah satu produsen mobil sport Jepang

Selama merek mobil ini berdiri sebagai sebuah produsen otomotif. Toyota yang ternyata juga sudah melahirkan mobil-mobil sport dan sponsor judi bola online yang sangat sangat melegenda, dan tidak hanya di Jepang namun juga dunia. Mobil sport pertama yang dikeluarkan adalah Toyota Sport 800 yang saat itu lahir pada tahun 70-an. Kemudian juga seiring dengan perkembangan waktu lahir juga seri Celica, Supra, Corolla atau (AE86 trueno, levin) MR2, dan juga GT86 yang semuanya pasti sudah familiar di telinga para pecinta otomotif dunia.

Toyota dibuat untuk perang

Saat perang yaitu dengan Tiongkok, pemerintah Jepang yang kemudian meminta Sakichi Toyoda untuk memproduksi sebuah mobil. Sebab, pada saat itu Jepang yang hanya mengandalkan mobil dari luar negeri saja, sementara biayanya yang harus dikeluarkan saat itu sangat mahal. Menurut pemerintah Jepang, memulai sebuah produksi mobil di dalam negeri bukan hanya mengurangi jumlah pengeluaran, tetapi juga menciptakan sebuah lapangan kerja yang baru yang dibutuhkan oleh kelas pekerja Jepang.

Anak Sakichi, Kiichiro, yang kemudian mengunjungi Amerika dan juga Eropa pada tahun 1929 untuk mempelajari lebih lanjut tentang beberapa manufaktur mobil. Setahun kemudian, ia yang kemudian mulai melakukan penelitian soal mesin bensin. Setelah dirasa sudah siap, divisi kendaraan resmi beroperasi di bawah Toyoda Automatic Loom Works yaitu pada tahun 1933. Lima tahun setelah itu, dua mobil yang kemudian berhasil dilahirkan, sebuah kendaraan penumpang A1 dan juga jenis truk G1.

Perang Korea menyelamatkan Toyota

Perang Korea, konflik yang saat itu terjadi antara Korea Utara dan juga Korea Selatan pada tahun 1950 sampai dengan 1953 yang juga difasilitasi oleh negara Amerika Serikat (AS) dan juga Uni Soviet serta Tiongkok yang ternyata pernah menyelamatkan Toyota dari sebuah kebangkrutan. Mengapa demikian?

Dijelaskan, yaitu pada tahun 1950, perusahaan tersebut yang hampir gulung tikar. Bagaimana tidak, saat itu pada Juni 1950, mereka yang hanya memproduksi 300 unit truk saja. Tetapi, dalam beberapa bulan kemudian terjadi pertama Perang Korea, Toyota yang mendapat pesanan dari pemerintah AS yang saat itu lebih dari 5.000 unit. Otomatis, roda bisnisnya pun kembali berputar, bahkan juga jadi jauh lebih cepat dibanding yang sudah-sudah.

Toyota penting untuk AS

Puluhan tahun sudah beroperasi membuat Toyota yang juga sudah mampu berkontribusi pada perekonomian negara lain di dunia. Bahkan negara digdaya seperti halnya AS sekalipun, yaitu pada tahun 2010 Toyota yang telah menciptakan lebih dari 365 ribu lapangan kerja, termasuk juga dengan bisnis sampingan yang dihasilkan seperti halnya dealer dan juga bengkel. Saat ini pabrik Toyota di AS telah berada di 6 wilayah yaitu di Texas, Kentucky, Indiana, Alabama, dan juga di West Virginia. Beberapa model yang juga dibuat di Amerika adalah Camry, Tucson, dan juga Highlander, serta beberapa komponen mesin.

Demikian itulah beberapa fakta menarik tentang Toyota. Merupakan salah satu perusahan otomotif terbesar yang ada di dunia. Toyota sudah berdiri sejak lama, dan sudah diakui sebagai produsen mobil terbaik di dunia. Bahkan di Indonesia merek Toyota yang banyak di sukai banyak orang.

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa