Berbagai Negara Produsen Mobil Unggulan

Sebagian negara terkenal sebagai produsen dari berbagai mobil dengan aneka merek ternama. Meskipun banyak negara berhasil memproduksi jenis-jenis mobil tertentu. Namun sebagian besar konsumen lebih mementingkan kualitas tertentu dari mobil, baik itu yang dari pengalamannya sendiri maupun berasal dari informasi. Ada beberapa kondisi yang juga bisa menjadikan negara lain yang ditunjuk secara langsung oleh produsen mobil sebagai pihak yang mengembangkan otomotif tersebut. Faktor penunjukkan itu bisa dipengaruhi dari dukungan infrastruktur  yang cukup memadai seperti jumlah tenaga kerja serta biaya operasional pabrik, atau bisa juga dalam hal pertimbangan akan hasil investasinya.

Berikut ini adalah beberapa negara produsen yang terkenal telah memproduksi mobil-mobil besar di dunia terutama pada beberapa tahun ini. Rating mobil ini dipengaruhi dari OICA (Organisation, Internationale des Constructeurs d’Automobiles), yaitu sebagai organisasi yang saat ini menaungi langsung 38 asosiasi perdagangan mobil yang ada di 38 negara. Kantor organisasi OICA sendiri pusatnya berada di Paris, Perancis.

Negara Pertama, Korea Selatan

Dalam beberapa tahun terakhir, negara Korea Selatan berhasil memproduksikan jumlah kendaraan hingga sampai sekitar 20,11 juta per unitnya. Mengusung beberapa merek mobil seperti KIA, Hyundai, GM Sangyong, serta mobil Renault Samsung. Jumlah mobilnya ini di diferensiasikan lagi menjadi tipe mobil berpenumpang dengan jumlah 4.135,108 unit, dan mobil untuk komersil sebanyak 420.849 unit.

Awal mula dari produksi industri mobil di Korea ini sudah dimulai sejak bulan Agustus 1955 oleh Choi Mu Seong bersama 3 saudaranya yang berusaha membongkar pasang mesin sebuah mobil Jip buatan Amerika Serikat dan memodifikasinya dengan nama SIBAL. Pada tahun 1960-an, sebuah pabrik mobil bernama Sinjin menjalani kerjasama langsung dengan perusahaan Jepang, Toyota. Hingga saat ini pemerintah Korea Selatan sudah mengumumkan akan membuat kebijakan dalam menaikkan promosi industri mobil produksi Korea Selatan.

Kebijakan dari pemerintah ini juga berhasil memicu munculnya aneka perusahaan lain Korea seperti Kyeongseong Precision Industry yang mulai merakit mobil hasil produksi di negara itu, dan menjalin bekerjasama dengan perusahaan mobil besar dari Jepang, yaitu Mazda tahun 1964. Seseorang warga Korea lain bernama Ha Dong Hwan juga menjalin kerjasama dengan Nissan Motor Co dalam membuat mobil pertama di Korea Selatan yang dilengkapi fasilitas perakitan untuk meningkatkan produksi mobil agar dapat berkembang lebih modern lagi. Asia Motors Company di tahun 1995, dan Hyundai pada tahun 1968 sebelumnya, juga melakukan kerjasama dengan perusahaan otomotif Ford Motor Company.

Dari tahun 2009 lalu hingga saat ini, Korea Selatan telah menjadi negara penghasil otomotif terbesar ke-5 di dunia dalam kategori pembuatan mobil. Produksi mobil di Korea Selatan ini telah dinilai berdasarkan kesesuaian dengan standar mesin dan otomotif yang berasal dari Eropa.

Negara Kedua, Jerman

Selanjutnya datang dari benua Eropa yaitu Jerman. Sudah sangat terkenal bahwa Jerman berhasil memproduksi industri mobil dengan kualitas yang baik sejak periode yang cukup lama. Jumlah kendaraan yang telah diproduksi hingga saat ini telah mencapai sekitar 45 juta unit dengan aneka merek mobil yang sudah terkenal seperti Audi, BMW, Mercedes-Benz, Prosche, dan merek lainnya. Mobil produksi Jerman di bagi menjadi 2 tipe berdasarkan jumlah pemakainya yaitu mobil penumpang dengan jumlah 5.707.938 unit dan mobil komersil berkisar 325.226 unit.

Jerman sendiri juga lebih terkenal sebagai produsen otomotif yang sangat baik. Merek buatan negara ini memiliki kualitas kendaraan peringkat atas. Walau produksinya tergolong sangat banyak, tetapi para produksi dengan menggunakan tenaga kerja manusia di dalam pembuatan mobil ini masih tergolong minim, dimana umumnya dimaksimalkan pada penggunaan tenaga produksi mesin. Sehingga tingkat pekerjaan bagi kaum buruh di negara itu tergolong agak sulit.

Untuk saat-saat di masa kini, telah berkembang 7 perusahaan otomotif besar yang sudah menguasai Industri otomotif dunia yang berasal dari Jerman, yaitu Audi AG, Volkswagen, BMW, Daimler, Porsche, Adam Opel, dan Ford Werke GmbH. Kurang lebih ada 6 juta kendaraan yang di produksi di Jerman setiap tahunnya dan 5,5 juta unit lain produksi perusahaan mobil Jerman yang ada di negara lain yaitu dari grup Volkswagen yang saat ini menjadi perusahaan otomotif terbesar ke-2 setelah Toyota.

Pusat Otomotif, Jepang

Negara ini juga menjadi produsen mobil terbesar yang ada diseluruh dunia, yaitu perusahaan Toyota. Dimana terdapat 73,9 juta unit produksi kendaraannya. Beberapa merek mobil yang terkenal dari Jepang seperti Honda, Suzuki, Nissan, Toyota, Scion, Infiniti, Mazda, Isuzu Daihatsu, Mitsubishi dan beberapa merek mobil lainnya. Mobil penumpangnya diproduksi sekitar 7.830.722 per unit. Dan untuk mobil komersil berjumlah 1.447.516 per unit.

Jepang menjadi negara Asia yang pertama kalinya membuat mobil. Mobil yang pertama dibuat sendiri adalah Takuri di tahun 1907 yang hanya diproduksi sebanyak 10 unit, sebelum akhirnya mengalami kebangkrutan. Perusahaan ini gulung tikar akibat faktor Jepang yang saat itu masih kekurangan modal. Walau harga jual dari mobil Takuri saat itu sudah sangat murah, namun masyarakatnya masih belum mampu membeli kendaraan sendiri. Barulah belakangan negara Jepang berkembang dan mulai berdiri aneka pabrik mobil lainnya. Daihatsu tahun 1951, Isuzu tahun 1937, Mitsubishi tahun 1870, serta DAT tahun 1911 yang berkembang dan berubah namanya menjadi Datsun.

Kebanyakan orang Amerika sebelumnya tidak mengetahui akan mobil Jepang, hingga saat perusahaan Toyota membuka cabang di Amerika pada tahun 1957 serta mengimpor mobil Toyopet Crown dan Land Cruiser, dan kemudian disusul oleh Nissan yang juga mengimpor mobil kesana pada tahun 1960-an. Hingga otomotif Jepang terus berkembang sampai di tahun 1963 Datsun Sports Roadster, serta Toyota pada tahun 1965 berhasil merajai pasar otomotif di Amerika akibat dari kenyamanan saat dipakai berkendara, sangat irit bensin dan mudah dipakai. Dengan faktor pelonjakan minyak sebagai bahan bakar kendaraan, mobilasal Jepang ini terbukti merajai pasar otomotif dengan keunggulan irit bahan bakarnya, dibandingkan mobil yang diproduksikan negara Amerika yang sangat boros. Hingga saat ini pun Jepang masih menjadi salah satu negara produsen otomotif terbesar di dunia sekaligus sangat menunjang perekonomian Jepang dalam sektor produksi otomotif. Aneka jenis mobil yang diproduksi seperti mobil spesialis, untuk keperluan niaga, mobil yang digunakan pemerintah, mobil keluarga serta mobil sport.

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa